Membaca Aktivitas Transfer Arsenal #Lacanewsigning

Lacazette

Welcome to Arsenal, Alexandre Lacazette!

Bergabungnya Alexandre Lacazette ke Arsenal dengan nilai transfer yang memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Mesut Ozil membuat saya tertarik untuk menulis artikel ini, bagaimana aksi transfer Arsenal berikutnya?

Sesuai pemberitaan di media, Arsenal membeli Lacazette dari Lyon senilai 45 juta poundsterling yang bisa berkembang menjadi 52 juta poundsterling tergantung performa klub dan pemain. Dengan harga pasar yang menjulang tinggi akibat bertambahnya daya beli klub Premier League, 45 juta poundsterling (+7 juta add-ons) untuk Lacazette tidaklah mahal. Tidak heran Jean Michel-Aulas terkesan kesal harus berpisah dengan aset termahalnya Lyon dengan harga segitu. Ia berharap menjual Lacazette senilai 57 juta poundsterling (65 juta Euro) mengingat tawaran West Ham senilai 43 juta poundsterling musim lalu saja ditolaknya. Kompromi akhirnya dicapai dengan skema add-ons di mana bila Arsenal berprestasi maksimum karena kontribusi Lacazette, Lyon akan mendapatkan 52 juta, hanya kurang 5 juta dari ekspektasi Aulas. Tapi untuk saat ini, perbedaan 12 juta dari ekspektasinya tentunya cukup mengesalkan Aulas. Good bargain for Arsenal terutama mengingat harga yang beredar di pasaran saat ini: 65 juta untuk Moratta, 100 juta untuk Lukaku?

Masuknya Lacazette dan Kolasinac (free transfer) di awal jendela transfer sangat membantu aktivitas transfer Arsenal musim ini. Kebutuhan urgent di lini depan dan belakang sudah terpenuhi. Arsenal bisa lebih relax dalam memantau harga pasaran dan pemain yang tersedia untuk pembelian berikutnya. Namun sebelum bisa memutuskan untuk membeli lagi, Arsenal perlu menjual pemainnya dahulu. Mengapa? Karena saat ini Arsenal memiliki 34 pemain first team (silakan cek website Arsenal.com) dengan kembalinya pemain-pemain pinjaman sedangkan peraturan liga adalah mendaftarkan 25 pemain dengan minimum 8 home grown dan 17 non home grown. Kita perlu menjual/meminjamkan sekitar 9 pemain.

Menuju keseimbangan tim utama

Mari kita lihat daftar tim utama Arsenal sebagaimana yang tertulis di websitenya:

GK (4): Cech, Ospina, Martinez, Szczesny

DF (12): Mertesacker, Koscielny, Mustafi, Gabriel, Holding, Chambers, Monreal, Bellerin, Gibbs, Debuchy, Jenkinson, Kolasinac

MF (9): Ramsey, Wilshere, Ozil, Chamberlain, Cazorla, Xhaka, Coquelin, Elneny, Jeff

FW (9): Sanchez, Perez, Giroud, Walcott, Iwobi, Welbeck, Campbell, Akpom, Lacazette

Dari daftar di atas, terlihat kita punya lebih banyak DF daripada MF dan FW. Aneh bukan? Namun bila Wenger memilih formasi 3-4-3 musim depan, maka 6 pemain (Bellerin, Debuchy, Gibbs, Jenkinson, Kolasinac, Monreal) bisa masuk ke kategori MF daripada DF. Jadi kita akan punya komposisi 4 GK, 6 DF, 15 MF dan 9 FW. Lebih dari cukup untuk membuat 2 tim inti, dan kelebihan banyak pemain di posisi MF dan FW. Idealnya dalam komposisi 25 pemain dan formasi 3-4-3 kita punya 3 GK, 7 DF, 9 MF dan 6 FW. Maka mari kita menyusun pemain sesuai komposisi tersebut. Versi saya sebagai berikut:

3 GK: Cech, Szczesny, Martinez

7 DF: Mertesacker, Koscielny, Mustafi, Gabriel, Holding, Chambers, Monreal

9 MF: Ramsey, Xhaka, Coquelin, Elneny, Chamberlain, Wilshere, Bellerin, Kolasinac, Iwobi

6 FW: Sanchez, Ozil, Lacazette, Giroud, Welbeck, Walcott

Iwobi bisa bertukar antar lini MF dan FW dengan mudahnya. Monreal juga bisa jadi LWB ataupun LCB karena ia bisa tampil sama baiknya di kedua posisi tersebut. Dari daftar di atas maka 9 pemain yang tersisih adalah sbb:

Ospina, Gibbs, Debuchy, Jenkinson, Cazorla, Jeff, Perez, Campbell, Akpom.

Jeff dan Akpom akan dipinjamkan mengingat usianya yang masih muda walaupun Akpom ada kemungkinan untuk dijual. Cazorla cedera hingga tahun depan jadi tidak akan masuk daftar 25 pemain. Sisanya sangat mungkin dijual selama ada yang naksir. Maka kita akan menjual 6 pemain, dan pinjamkan 2 pemain untuk mencapai keseimbangan tim utama dengan 25 pemain yang siap berkompetisi.

Dari sini kita bisa menyimpulkan untuk membeli 1-2 pemain baru lagi, Arsenal harus mampu “menyingkirkan” 8 pemain di atas, ditambah menjual 1-2 pemain yang masuk dalam daftar 25 pemain sementara. Fokus transfer Arsenal setelah ini jelas pada penjualan pemain.

…untuk membeli 1-2 pemain baru lagi, Arsenal harus mampu “menyingkirkan” 8 pemain di atas, ditambah menjual 1-2 pemain yang masuk dalam daftar 25 pemain sementara.

Menghitung budget transfer Arsenal

Musim lalu Arsenal menghabiskan dana hampir 100 juta poundsterling untuk transfer pemain. Musim ini dengan dana tambahan dari hak siar Premier League namun dikurangi jatah dari Champions League, saya prediksi Arsenal punya budget transfer yang serupa. Menghitung budget transfer secara akurat agak sulit karena dana transfer dicatat sebagai biaya “amortization” dalam laporan keuangan. Jadi misalnya biaya 45 juta pembelian Lacazette dengan kontrak 5 tahun, maka dalam laporan keuangan Arsenal 2017/2018 akan dicatat sebagai biaya amortization 9 juta poundsterling (45 dibagi 5 tahun). Sebuah klub biasanya akan menggabungkan biaya gaji dan amortization dalam budget staf. Kenaikan gaji Ozil dan Sanchez otomatis akan mempengaruhi ketersediaan dana dari “budget staf” ini yang mengurangi dana transfer Arsenal. Anggap gaji Ozil dan Sanchez naik masing-masing 150K per minggu, dikali 52 minggu = 7,8 juta. Untuk keduanya Arsenal harus menyediakan tambahan dana +/-16 juta poundsterling untuk gaji yang hampir sama dengan biaya amortization transfer pemain senilai 80 juta poundsterling untuk kontrak 5 tahun.

Konklusinya, menggandakan gaji Ozil dan Sanchez dari kisaran 150K/minggu ke 300K/minggu sama dengan membeli pemain baru senilai 80 juta poundsterling. Bagaimana, sekarang sudah jelas kan keberatan Arsenal untuk menaikkan gaji pemain secara signifikan?

…menggandakan gaji Ozil dan Sanchez dari kisaran 150K/minggu ke 300K/minggu sama dengan membeli pemain baru senilai 80 juta poundsterling.

Namun ada cara lain untuk justifikasi kenaikan gaji Ozil dan Sanchez tersebut. Melepas 6 pemain yang disebut sebelumnya, anggap saja masing-masing gajinya 50K/minggu, sama dengan membebaskan dana 300K/minggu. Maka melepas 6 pemain tersebut, Arsenal bisa menggunakan dana yang terbebaskan itu untuk menaikkan gaji Ozil dan Sanchez menjadi masing-masing 300K/minggu. Belum lagi tambahan cash yang akan diterima dari penjualan. Anggap saja Ospina 5 juta, Gibbs 8 juta, Debuchy 5 juta, Jenkinson 3 juta, Perez 10 juta, Campbell 4 juta, total terkumpul 35 juta. Itu skenario terbaik. Skenario terburuk anggap saja 30 juta. Tambahan 30-35 juta yang sekaligus menyediakan budget untuk menaikkan gaji Ozil dan Sanchez menjadi validasi kuat mengapa kita perlu menjual ke-6 pemain tersebut. Ke-6 pemain tersebut juga bermain sangat jarang di tim utama Arsenal sehingga penjualannya tidak akan berdampak pada harmonisasi tim.

OK untuk hitung-hitungan sederhana mari kita abaikan budget gaji pemain dan asumsikan saja budget transfer (transfer murni, tidak termasuk gaji) Arsenal 100 juta poundsterling musim ini. Sudah dipakai untuk Lacazette 45 (add-ons tidak dihitung sekarang karena tidak langsung menjadi biaya saat ini) dan Kolasinac 0. Sisa 55 + 35 dari penjualan pemain = 90 juta. Cukup untuk membeli 2 Lemar/Mahrez tapi tidak cukup untuk 1 Mbappe. Bila salah satu dari Giroud/Walcott/Wilshere/Chamberlain dijual, Arsenal akan dapatkan tambahan 25 juta, budgetnya menjadi 115 juta, cukup untuk 1 Mbappe. Untuk jumlah pemain juga ok karena 1 out 1 in. Bila Sanchez yang jadi dijual, Arsenal akan dapatkan tambahan dana 50 juta, budgetnya menjadi 140 juta, cukup untuk beli paket combo Mbappe+Lemar (barangkali tawaran ini akan menggiurkan Monaco). Kehilangan Sanchez tapi kedatangan Lacazette+Mbappe+Lemar, maukah Wenger mengambil resiko ini? Saya rasa ia siap. Secara tim, Arsenal akan lebih seimbang dan komplet. Apalagi Sanchez juga bukan tidak ada kelemahannya (kehilangan bola, cenderung bermain egois, enggan menjadi striker murni, dll).

Kehilangan Sanchez tapi kedatangan Lacazette+Mbappe+Lemar, maukah Wenger mengambil resiko ini?

Namun strategi jual-beli ini hanya akan berjalan mulus kalau 6 pemain di atas sudah berhasil dijual. Kedatangan Lacazette sangat berpengaruh positif terhadap eksekusi strategi transfer Arsenal. Terpenuhinya kedua posisi urgent itu berarti Arsenal bisa lebih relax dan tidak buru-buru dalam mengejar target baru. Bahkan untuk menjual 6 pemain lama, Arsenal bisa memasang harga tinggi karena cukup punya waktu (2 bulan) untuk bernegosiasi dan mengundang kompetisi klub pembeli. Pendekatan terhadap pemain baru bisa tetap dilakukan namun final dealnya bisa dilakukan mendekati akhir jendela transfer untuk mendapatkan deal terbaik. Jadi saya prediksi dalam beberapa minggu ke depan akan terjadi aktivitas jual, namun pembelian 1-2 pemain baru akan terjadi di Agustus atau setelah musim dimulai. Jangan heran, kaget ataupun panik.

Prioritas posisi pemain baru

Wenger dan Gazidis mengatakan mereka hanya akan membeli pemain baru yang siap langsung masuk starting eleven bukan untuk squad depth. Hanya top-top player yang akan upgrade kualitas starting eleven Arsenal sekarang. Mari kita uji starting eleven Arsenal dengan 3-4-2-1:

Lacazette

Sanchez – Ozil

Kolasinac – Xhaka – Ramsey – Bellerin

Koscielny – Mertesacker – Mustafi

Cech

Dari formasi di atas, bila Sanchez tidak dijual, saya hanya akan menggantikan Xhaka atau Ramsey dengan pemain baru. Lini tengah tampaknya yang paling perlu di-upgrade. Xhaka dan Ramsey masih sering dilewati lawan dengan mudah saat counter attack. Keduanya tidak memiliki agility dan akselerasi untuk recovery yang mumpuni sehingga mudah ditinggal lawan yang counter atau dribbling dengan cepat. DM/CM menjadi satu posisi yang sangat memerlukan upgrade. Lalu siapa kandidat DM yang top top player? Naby Keita (Leipzig) yang sempat dikontak Wenger musim lalu? Jean Seri (Nice) yang digosipkan di awal jendela transfer?

Namun Sanchez dan Ozil juga tidak memiliki kompetisi yang sebanding. Saat salah satu dari Sanchez atau Ozil cedera, Wenger hanya punya opsi Chamberlain, Iwobi yang gaya permainannya mirip, atau memainkan Welbeck dan Walcott di sana namun mengubah sedikit formasinya menjadi 3-4-3 daripada 3-4-2-1. Lemar atau Mahrez akan merupakan upgrade atas Iwobi dan Chamberlain. Maka jangan heran kedua nama itu ditiupkan media sebagai target berikutnya Arsenal. Sangat masuk akal untuk Arsenal mengejar salah satu dari keduanya walaupun Sanchez bertahan. Kompetisi yang sepadan Sanchez-Ozil dibutuhkan.

Saat salah satu dari Sanchez atau Ozil cedera, Wenger hanya punya opsi Chamberlain, Iwobi yang gaya permainannya mirip…

Apakah Arsenal punya budget 90 juta atau 115 juta atau 140 juta untuk sisa transfer musim ini, sangat tergantung pada bertahan-tidaknya Sanchez, Wilshere dan Chamberlain (asumsi saya Ozil akan perpanjang kontrak), dan ada-tidaknya peminat Giroud dan Walcott. Saya prediksi minggu berikutnya Arsenal akan membuat tawaran kontrak take it or leave it kepada Sanchez. Bila Sanchez menolak gaji 300K/minggu + signing on fee, maka menjualnya senilai 50 juta adalah langkah tepat, kepada siapapun.

Bila Sanchez bertahan, maka salah satu pemain (Giroud/Walcott/Wilshere/Chamberlain) perlu dijual untuk menampung 1-2 pemain baru. Saya akan memilih menjual Walcott, tapi sayangnya tak ada peminat serius. Giroud, hanya akan saya lepas bila kita bisa mendapatkan Mbappe. Mbappe bisa bermain di posisi kiri 3-4-3 dan merupakan investasi jangka panjang. Ia pemain spesial yang hanya lahir 1 dalam 10 tahun. Bila kita melepas Wilshere/Chamberlain, maka Lemar/Mahrez wajib didatangkan, ditambah satu lagi DM. Saat ini Chamberlain lebih berpeluang untuk dijual karena penampilan rata-rata Wilshere di Bournemouth jelas turunkan harganya di pasaran. Namun bisa jadi Wilshere lebih ngotot untuk pindah daripada Chamberlain.

Tidak ada pemain yang tak tergantikan. Dan saat ini dengan didatangkannya Lacazette dan Kolasinac, Wenger punya banyak waktu dan dana untuk memilih. Ia perlu tegas karena pemain-pemain tersebut sudah sering mengecewakannya. Saatnya melepas pemain yang tinggal di PHP zone dan saatnya mencoba harapan baru. Paling tidak itu akan mencambuk pemain-pemain lainnya dengan pesan Arsenal baru ini adalah Arsenal yang berambisi. Arsenal yang tak punya banyak waktu untuk pemain yang memilih bersantai-santai dalam karirnya. Arsenal yang tidak lagi mengandalkan Youth Programme (untuk jelasnya mengapa, baca tulisan saya 2012 tentang Model Finansial Arsenal). Arsenal yang ruthless.

Kesimpulan

Prediksi sisa aktivitas transfer Arsenal bila berhasil menjual 6 pemain fringe:

Skenario 1: Sanchez dan semua pemain di luar 6 pemain fringe tersebut bertahan, dana 90 juta pound. Beli Lemar/Mahrez + Keita/Seri. Loan Chambers dan Martinez.

Skenario 2: Sanchez bertahan, Giroud/Chamberlain dijual, dana 115 juta pound. Beli Mbappe kalau Giroud dijual atau beli Lemar/Mahrez + Keita/Seri kalau Chamberlain dijual. Loan Chambers dan Martinez.

Skenario 3: Sanchez dijual, dana 140 juta pound. Beli Mbappe + Lemar. Loan Martinez.

Dari ketiga skenario di atas, maka jangan heran kalau Arsenal masih mengincar Mbappe. Kita siap dan mampu membelinya. Sekarang semua tergantung apakah Mbappe siap untuk menjadi the next Thierry Henry (yang menginspirasi pemain generasi berikutnya seperti Lacazette) atau memilih menjadi the next Anelka (legenda yang tak pernah jadi, habis karirnya saat pindah ke Real Madrid).

Advertisements

9 thoughts on “Membaca Aktivitas Transfer Arsenal #Lacanewsigning

  1. Mantap ulasannya, bung.
    Semoga semakin ruthless musim depan.
    Melihat perkembangan sekarang ini, nampaknya Wenger juga sambil mengetes loyalitas Sanchez ya.

    Tapi, kepikiran juga, kira-kira siapa yang cocok jadi “the next Vieira”?

    Still thinking the starting 11 needs it, though.

  2. Analisis bung sebaiknya memperhatikan aturan home grown
    Kalau wilshere walcott gibbo chambo keluar bagaimana dengan kuota hg ini? Kalo nama2 itu out kuota hg tinggal ramsey wobi chambers holding wellbeck martinez?

  3. Saya selalu buka situs itu hanya buat liat artikel baru. Baru kali ini liat lagi artikel baru… jangan pernah bosan tulis artikel min

  4. Pingback: Membaca Aktivitas Transfer Arsenal – Part 2 | Jalan Arsenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s